Tuesday

Mega Kampanye Keliling Indonesia

Megawati Kampanye
Fokker 28, Andalan Mega Keliling Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com — Di musim kampanye pemilu presiden yang dimulai Selasa (2/6) kemarin, para capres dan cawapres dituntut untuk melakukan perjalanan keliling Indonesia guna menyosialisasikan gagasan mereka. Mobilitas yang tinggi menuntut kendaraan yang cepat pula. Repotnya, tidak semua alat transportasi umum memadai guna mendukung gerak para capres-cawapres ini.


Menyewa pesawat demi mendukung mobilitas yang tinggi adalah hal lazim yang dilakukan para capres dan cawapres. Megawati Soekarnoputri, capres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, biasanya menyewa pesawat Fokker 28.

Persda Network berkesempatan mengunjungi pesawat carteran milik Transwisata di Jakarta, Selasa (2/6). Pesawat ini memang berbeda dari tata letak interior pesawat komersial lain. Di bangku utama yang berada di barisan depan, ada 20 tempat duduk tamu VIP dengan sofa empuk. Sofa warna coklat, tiap sisi kanan maupun kiri diletakkan beberapa tumpuk surat kabar maupun majalah. Terdapat meja panjang berukuran kurang lebih 1 meter, diletakkan di bagian depan agar penumpang pesawat ini merasa nyaman saat disajikan makanan maupun minuman oleh pramugari.

Di bagian belakang berderet tempat duduk, sama seperti tempat duduk pesawat komersial lain. Bedanya, dinding pembatas antara ruang pesawat utama atau VIP dan ruang belakang, terdapat dua buah televisi berukuran 14 inci.

Pramugari yang melayani juga tak jauh beda dengan pelayanan pesawat komersial lain. Penumpang diberikan makan kecil dan dipersilakan memilih surat kabar maupun majalah yang ingin dibaca. Bentuk interior dalamnya pun tak ada yang berbeda. Ada bagasi atas serta lampu penerang untuk perjalanan malam. Tersedia pula dua buah kamar kecil dengan wangi harum yang semerbak.

Dalam beberapa kali kesempatan mengikuti kepergian Megawati ke beberapa daerah, hanya surat kabar, beberapa buah buku, serta majalah yang menjadi teman Megawati saat berada di pesawat.

Terkadang pula, Mega terlihat asyik ngobrol dengan para petinggi PDI-P maupun tamu yang ikut bersamanya. Bila perjalanan dilakukan pada malam hari, Megawati hanya meminta selimut untuk menghangatkan badannya.

"Saya sudah puluhan kali membawa Ibu Mega keliling daerah. Apalagi seperti sekarang ini, sebagai calon presiden. Yang ikut rombongan Ibu seperti keluarga semua, mereka ramah, termasuk Ibu Megawati," kata Jimmy Ranung, pilot pesawat Transwisata saat berbincang-bincang dengan Persda Network.

Tak ada perlakuan khusus memang yang diberikan. Namun, kata Jimmy, Megawati dan rombongan kerap mengajaknya berbincang-bincang meski hanya sekadar.

Pesawat yang ia terbangkan tak asing bagi para petinggi serta tokoh penting negeri ini. Sebagai pesawat sewaan, kata Jimmy, Fokker 28 milik Transwisata juga kerap digunakan Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum Golkar, Wiranto dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Hanura, Ketua DPR Agung Laksono, maupun politikus yang lain. Jimmy memastikan, hampir semua tokoh politik maupun pejabat negara menyewa jenis pesawat ini.

ADE,Rachmat Hidayat
Sumber : Persda Network

No comments:

Informasi serupa :

Topic Relation
Anda ingin menjadi model artis presenter
atau lainnya daftar saja di komunitas ini

Anda dapat mengirim data photo anda
sebanyak banyaknya untuk memperbesar
peluang dan kesempatan

Model artis

Calon model artis
Data Calon Model
Selamat Bergabung